Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Data yang berada di flashdisk bisa jadi harta yang berharga bagi sobat, karena terdapat file – file yang sangat penting, mulai dari foto, gambar, word, excel, power point, music, video, dll. Memang sekarang flashdisk harganya terjangkau, tapi sebandingkah harganya dengan data yang ada di dalamnya?

Betapa penting sekali flashdisk sobat, seharusnya sobat sangat perduli terhadap keamanan dari berbagai ancaman fisik maupun dari ancaman virus. Oleh sebab itu pada artikel kali ini admin akan membahas Cara MerawatFlashdisk Agar Tidak Mudah Rusak.

Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Tidak Cepat Rusak

1. Selalu Eject (keluarkan) sebelum mencabutnya

Mungkin karenater buru – buru atau malas meng eject sobat langsung mencabut flashdisknya, ini sangat berbahaya, karena dapat membuat sobat kehilangan file atau data sobat dalam flashdisk.

2. Jangan menjalankan file langsung dari flashdisk 

Apabila sobat ingin membuka file yang ada pada flashdisk, sebaiknya copy dulu file yang hendak sobat jalankan di kehardisk komputer atau laptop sobat, dan menjlankanya lewat hardisk laptop atau komputer sobat.

3. Juahkan dari Barang Elektronik lainya

Dengan menjauhkan flashdisk dari barang elektronik lain maka akan menghindari dari adanya radiasi ke flashdisk.

4. Selalu Tutup Flashdisk Jika Tidak Digunakan

Jadi Apabila flashdisk sobat tidak di tutup maka kesempatan debu untuk masuk dan dapat merusak socketnya, itu dapat menyebabkan proses baca / tulis flashdisk gagal. Jadi sebaiknya jangan sampai tutup flashdisk anda hilang ya

5. Rajinlah Scan Virus di Flashdik Sobat

Virus memang tidak tampak secara fisik, namun keberadaanya patutdi waspdai, terutama pada penyimpanan file seperti flashdisk. Mungkin anda pernah mengcopy file dari computer warnet, teman, intinya pernah terpasang pada computer atau laptop lain, sebaiknya agan scan dahulu flashdisk anda untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti terkena virus.

6. Hindari Flashdisk dari Terkena Air

Ingat, kebanyakan orang menaruh flashdisk di dalam saku maka dari itu ketika anda hendak mencuci pakain lebih baik cek terlebih dahulu saku sobat, itu dilakukan agar flashdisk sobat aman dari terkena air.

7. Jauhkan Flashdisk dari Tempat Panas

Untuk menjaga kesehatan flashdisk kamu maka janagan menaruh flashdisk sobat  pada tempat yang suhunya terlalu panas, hindari memasang flashdisk pada computer terlalu lama.

8. Jangan Sampai Flashdisk kena Benturan Keras

Jangan biasakan melempar flashdisk, flashdisk terjatuh atau semacamnya yang dapat menyebabkan komponen di dalam flashdisk rusak, maka proses baca tulis akan rusak juga.

9. Jangan terlalu sering menghapus, menulis file di flashdisk

Flashdik juga memliki batas menghapus, menulis file, flashdisk dapat melakukan proses 10.000 sampai 100.000 kali tergantung merk flashdisk kamu.

10. Jangan Selalu memformat flashdisk

Apabila sobat terlalu sering memformat flashdisk maka flashdisk sobat akan mengalami berbagai eror, seperti data yang corrupt, proses tulis yang gagal, dan sebagainya.

11. Rutinlah membackup flashdisk

Langkah yang penting untuk menghindari hilangnya data pada flashdik yaitu dengan membackup data dari flashdisk ke computer atau laptop anda, ini dilakukan untuk mengatasi jika tiba-tiba flashdisk rusak,hilang, dan error.

12. Jauhkan Flashdisk dari Medan Magnet

Berbagai alat elektronik lainya jika berdekatan dengan medan magnet yang kuat, maka akan mengakibatkan komponen – komponen penyusunya terpengaruh radiasi.

Sekian artikel tentang Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Tidak Cepat Rusak, jaga flashdisk anda dengan baik karena data yang di dalamnya sangat berharga, jangan sampai menyesal dikemudian hari, Semoga bermanfaat

0 Komentar