Pengertian Komputer Adalah: Komponen, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Lengkap

Pengertian Komputer Adalah: Komponen, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Lengkap

Komputer adalah salah satu perangkat keras yang berhubungan dengan teknologi. Dalam sebuah komponennya ada beberapa komponen pendukung supaya sebuah komputer bisa berjalan dengan semestinya. Sekarang ini, hampir semua lini pekerjaan membutuhkan perangkat komputer. Dengan bantuan komputer, berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Nah, bagi Anda yang masih awam dan baru terjun di dunia teknologi tentu masih bingung apa itu komputer. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang komputer yang meliputi pengertian, jenis, fungsi dan beberapa komponen dalam komputer.

Komputer Adalah Alat Elektronik

Pengertian dari komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dipakai untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan. Dengan mengikuti prosedur tersebut, sebuah informasi akan dihasilkan yang mana sangat bermanfaat untuk penggunanya.

Dalam sebuah komputer terdapat rangkaian dari berbagai komponen yang saling terhubung dan membentuk sebuah sistem kerja. Sistem yang ada pada komputer ini bisa melakukan pekerjaan otomatis berdasarkan program yang telah dibuat, sehingga nantinya bisa menghasilkan data dan program tertentu.

Komputer ini biasanya terdiri atas beberapa bagian utama seperti hardware dan software. Hardware sendiri terdiri atas Processor, Hardisk, RAM, Motherboard, dan CPU. Sedangkan software terdiri atas sistem operasi dan aplikasi-aplikasi supaya hardware bisa bekerja sesuai perintah penggunanya.

Selain hardware dan software, elemen terakhir dari komputer adalah brainware atau pengguna yang menggunakan komputer tersebut. Kata komputer sendiri diambil dari bahasa latin yaitu “computaire” yang artinya menghitung, jadi sederhananya komputer adalah alat hitung aritmatika.

Komponen Komputer

Setelah Anda tahu bahwa komputer adalah sebuah alat hitung elektronik, Anda juga harus tahu komponen-komponen dalam sebuah komputer. Berdasarkan fungsinya, komponen komputer dapat dibagi menjadi tiga yaitu input, proses dan output. Berikut penjelasan ketiga komponen tersebut.

1. Komponen Input

Komponen input dalam sebuah komputer berupa hardware yang mempunyai fungsi sebagai pemberi input tugas yang diberikan ke komputer. Ada banyak komponen input dalam komputer, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keyboard, digunakan untuk memberi masukan atau input berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang nantinya akan dimasukkan e dalam sistem komputer.
  • Mouse dan Trackpad, digunakan untuk menghubungkan menggerakkan pointer pada layar komputer atau penghubung antara brainware dengan layar monitor.
  • Pen, merupakan alat yang digunakan pada komputer dengan fitur layar sentuh. Fungsinya mirip mouse namun bentuknya seperti sebuah pena.
  • Microphone, digunakan untuk menginputkan data dalam bentuk suara atau audio.

2. Komponen Proses

Komputer adalah alat hitung yang mana membutuhkan proses dalam mengerjakan suatu tugas. Komponen proses dalam komputer berfungsi mengolah data dan memproses perintah yang diberikan brainware lewat alat input dan ditampilkan dalam alat output. Berikut beberapa komponen proses komputer:

  • Hardisk, komponen yang digunakan untuk menyimpan data di komputer yang bersifat permanen, contohnya adalah sistem operasi komputer, foto, video dan lain-lain.
  • Processor, merupakan otak komputer dan komponen utama dalam proses pengolahan data.
  • Motherboard, komponen yang menghubungkan berbagai komponen hardware lain dalam komputer.
  • RAM, memori untuk menyimpan berbagai aktivitas dalam komputer yang sifatnya sementara.
  • Dan lain-lain.

3. Komponen Output

Selain komponen input dan proses, ada juga yang namanya komponen output dalam komputer. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang sudah diproses oleh komputer. Beberapa komponen output yang ada dalam komputer adalah:

  • Printer, komponen yang digunakan untuk mencetak informasi dalam bentuk hard copy.
  • Monitor, merupakan komponen komputer yang bisa menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh sebuah komputer.
  • Speaker, komponen yang bisa menghasilkan output berupa suara atau audio.

Fungsi Komputer

Semakin kesini fungsi komputer semakin canggih, yang tadinya hanya untuk alat menghitung. Sekarang komputer sudah bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Berikut adalah beberapa fungsi komputer:

  • Data Input – Digunakan untuk menerima data dari sumber luar. Data yang diterima ini melalui keyboard, mouse dari komputer lain atau alat lain.
  • Pengolah Data – Komputer adalah alat yang digunakan untuk melakukan pemrosesan data. Data yang diproses komputer akan menghasilkan output berupa informasi seperti audio, teks, gambar, dan lain-lain.
  • Penyimpanan Data – Fungsi lain dari sebuah komputer adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Dengan adanya komputer Anda bisa menyimpan dan menggunakan kembali sebuah informasi.
  • Keluaran Data – Data yang telah diproses oleh komputer nantinya akan tersedia dan digunakan untuk berbagai tujuan. Contohnya output berupa hardcopy di kertas, audio atau suara, cetak 3D model dan lain-lain.

Manfaat Komputer

Selain untuk input data, pengolah data dan sebagainya seperti yang kami jelaskan tadi. Komputer juga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mempermudah Pekerjaan

Dalam dunia kerja, adanya komputer bisa mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. Dengan adanya komputer ini Anda bisa melakukan pengolahan data dengan cepat, berkirim informasi, cetak dokumen penting, berkomunikasi dengan orang penting dan masih banyak lagi.

2. Penunjang Pendidikan

Komputer juga memiliki perang penting dalam dunia pendidikan. Komputer ini bisa dimanfaatkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan presentasi lewat komputer, para siswa bisa lebih mudah memahami materi yang ada.

3. Media Hiburan

Selai untuk keperluan kerja dan pendidikan, komputer juga bisa menjadi media hiburan yang menyenangkan. Lewat komputer ini Anda bisa menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi sekarang sudah ada internet dimana kita bisa menikmati hiburan lebih leluasa.

4. Keperluan Bisnis

Komputer adalah alat elektronik yang punya segudang manfaat, salah satunya adalah untuk keperluan bisnis. Anda bisa mendapat penghasilan dengan cara rental komputer, membuka warnet, kursus komputer, percetakan, programmer, video editing, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Komputer

Komputer ini ada banyak sekali jenisnya, secara umum setiap harinya Anda memakai komputer sederhana. Contohnya adalah ketika menarik uang di ATM, menggunakan kalkulator, memindai bahan makanan di toko, semua itu adalah sebuah komputer. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis komputer yang umum diketahui:

  • Komputer Desktop – Komputer yang dirancang untuk diletakkan di atas meja. Umumnya komputer jenis ini terdiri dari beberapa bagian seperti CPU, keyboard, monitor, dan mouse.
  • Komputer Laptop – Merupakan sebuah komputer yang ditenagai oleh baterai dan lebih portabel dibanding komputer desktop. Laptop ini bisa dibawa bepergian dengan mudah dan memiliki mobilitas tinggi.
  • Komputer Tablet – Jenis komputer yang berikutnya ini merupakan komputer genggam yang bahkan lebih portabel dibanding laptop. Komputer jenis ini tidak memakai keyboard dan mouse melainkan memakai sentuhan layar.
  • Komputer Server – Komputer terakhir ini adalah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain dalam jaringan yang sama. Komputer ini sering dijadikan server file lokal untuk menyimpan dan berbagi file secara internal.

Nah itulah tadi penjelasan tentang komputer yang meliputi pengertian, jenis-jenis, komponen, fungsi dan manfaat komputer. Intinya komputer adalah alat hitung aritmatika yang sekarang ini sudah semakin canggih dan memiliki banyak kegunaan.  

0 Komentar