Pengertian, Jenis, dan Komponen VGA

  

Pengertian, Jenis, dan Komponen VGA

VGA adalah kepanjangan dari Video Graphic Array, merupakan sebuah perangkat keras atau sering kita sebut dengan hardware dan memiliki fungsi dalam pemrosesan informasi berbasis grafis pada komputer, laptop atau PC anda, yang nantinya akan ditampilkan ke layer monitor.

Dengan memakai VGA ini makan anda akan mendapatkan kualitas tampilan gambar yang lebih baik dan tajam, karena perangkat ini sangat berhubungan erat sekali dengan grafis

Simpelnya dengan VGA ini memiliki peran untuk menerjemahkan output dari PC dan gadget atau lainya ke monitor. Biasanya hardware tipe ini sudah otomatis ada di dalam laptop maupun PC namun ada juga yang memerlukan connector.

Jenis VGA Berdasarkan Memori

Ada banyak sekali variasi VGA Card yang berada di pasaran, kita perlu mengatahuinya dan harus paham memilih VGA mana yang cocok untuk kita, jangan sampai kita salah memilik karna akan berdampak pada kinerja komputer kita.

VGA ini dibedakan berdasarkan jenis klasifikasi memori antara lain:

1. RAM

VRAM adalah kartu grafis yang memiliki kecepatan antara 20-10 ns biasanya VRAM di gunakan pada spesifikasi komputer yang tinggi atau kelas atas, biasanya di gunakan untuk desain grafis, Coding, serta Gaming. Contoh VRAM sendiri adalah Diamond Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, dan masih banyak lainya.

2. SGRAM

SGRAM atau kita kenal dengan Synchronous Graphic RAM merupakan sebuah jenis VGA dengan kecepatan 10 ns. SGRAM ini sering di gunakan pada komputer kelas atas juga dengan memiliki kemampuan £D accelerator. Contohnya seperti ASUS 3D Explorer, Millennium, Matrox MGA dan masih banyak lainnya.

3. Rambus

Rambus merupakan kartu grafis yang biasanya sering di gunakan pada mesin video game atau konsol game seperti Nitendo, Playstation, Sega dan masih banyak lainnya. Prosedur satu – satunya Rambus adalah Creative Labs dengan produk Graphic Blaster 3D, MA-332 dan lain sebagainya.

4. EDO RAM

Kartu VGA ini biasanya memiliki kecepatan 60-35 ns yang terpasang pada komputer dengan grafik 64 bit. EDO RAM merupakanKartu grafis yang sering digunakan dengan kecepatan 60 Mhz. ContohnyaWinfast s280/ S600, Ati Mach 64, dan masih banyak lainnya.

5. Dynamic RAM

Dynamic RAM atau sering kita sebut dengan DRAM merupakan kartu grafis yang memiliki kecepatan 70 – 80 ns dan sering di gunakan pada komputer yang berukuran 8, 16, dan 32 bit. Biasanya DRAM di pasang pada komputer dengan tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi serta warna grafis yang tidak terlalu banyak.

Jenis VGA Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan bentuknya VGA di bagi menjadi 2 yaitu VGA On-Board dan VGA Add-on untuk penjelasanya ada di bawah ini:

1. VGA On-Board

VGA ini biasanya sudah otomatis terpasang pada motherboard, biasanya hanya digunakan pada komputer, PC maupun laptop dengan spek standar.

Biasanya kualitas yang di tampilkan tidak terlalu bagus namun untuk fungsinya sudah lumayan baik. Kartu grafis ini lebih cocok untuk aktifitas yang standar saja seperti membuka Ms Word, membuka Ms Office, atau bermain game dengan spesifikasi yang rendah.

VGA On-Board ini harus bekerja dengan RAM serta membutuhkan dukungan dari memori perangkat. Kelebihan dari VGA jenis ini adalah perawatanya yang mudah dan harganya yang relative lebih murah tentunya.

2. VGA Add-on

Kartu grafik yang satu ini belum terhubung langsung dengan motherboard PC atau laptop. Jadi Anda membutuhkan socket untuk menggunakannya. Kualitas yang diberikan tentu lebih baik dari versi on board nya. Selain itu hardware ini juga tidak membutuhkan bantuan dari RAM jadi tidak membuat kita repot.

Jenis VGA on-board menampilkan output dengan sangat baik. Namun jika ingin melakukan pemrosesan grafis dengan tingkat sistem yang lebih tinggi, gunakan saja VGA add on. Namun VGA yang ini hanya bisa digunakan pada PC saja ya.

Karena laptop tidak memiliki slot penambahan kartu VGA. Selain itu, daya listrik yang dibutuhkan pun juga sangat tinggi, jadi tidak support untuk laptop jika ingin menambahkan VGA.

VGA Berdasar Arsitektur Sistem

VGA juga dibedakan berdasarkan arsitektur sistem I/O bus dan berikut ini contohnya:

1. AGP

AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphics Port. Kartu VGA jenis ini langsung di tancapkan ke slot ekspansi AGP bus dengan sistem I/O saja. Biasanya sering ada pada perangkat dengan kecepatan 128 bit maupun 256 bit.

2. EISA

EISA hanya dapat beroperasi pada system komputer 32 bit saja tidak support system 64 bit. Namun jenis VGA ini sudah jarang digunakan dan di produksi karena masih memiliki keterbatasan dengan kualitas gambar yang jelek, kombinasi warna yang buram serta kecepatan yang kurang maksimal.

3. ISA

Jenis kartu ISA sering digunakan pada slot ekspansi ISA dengan sistem 16 bit tentunya. Namun ISA sudah tidak pernah digunakan karena kecepatan transfernya lambat serta kombinasi warna yang dihasilkan sangat terbatas dan sangatlah kurang bagus.

4. PCI

PCI merupakan singkatan dari (Peripheral Component Interconnect) yang dapat dipasang pada perangkat dengan sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Namun sama seperti kartu VGA lainnya yang sudah jarang sekali dipakai karena memang fiturnya yang sangat terbatas.

5. PCIe

PCIe merupakan kepanjangan dari (Peripheral Component Interconnect Express) yang dihubungkan dengan komputer yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Biasanya dalam motherboard PC sudah memiliki beberapa slot PCIe yang bisa dimanfaatkan sebagai slot GPU, WiFi card, SSID maupun RAID Card. Kartu grafik ini mampu melakukan transfer dengan kecepatan sampai 32Gb/s jadi kecepatannya sangat tinggi.

Fungsi VGA Card

Fungsinyauntuk mengelola dan mengartikan data grafis atau sebuah sinyal digital pada komputer atau monitor menuju layar monitor dalam bentuk tampilan grafis. Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang akan kalian dapatkan jika memiliki VGA card yang memorinya besar.Beberapa fungsi VGA Card antara lain:

  •          Dapat Membuat tampilan grafik game tinggi menjadi lebih jelas dan cepat (fps) dan HD
  •          Tampilan dan kombinasi warna yang sangat akurat dan transfer jadi lebih cepat
  •          Dapat membuat komputer memiliki tampilan yang jernih, tajam, dan sangar akurat
  •          Bisa di setting sendiri untuk Grafik agar lebih natural lagi
  •          Dapat meningkatkan kemampuan sistem
  •          Mampu menghubungkan monitor banyak, dan bisa multi monitor tentunya
  •          Masuknya data – data akan selalu di awasi dan lebih terjamin tentunya
  •          Menyalin data dari hardiks
  •          Dapat membuat gambar dan video yang tajam tentunya dan tidak mengecewakan
  •         Dapat membuka tab banyak tanpa khawatir lag atau overhead, jadi sangat aman untuk memainkan game yang berat tentunya

Itulah definisi seputar pengertian VGA, jenis serta fungsinya. VGA pada laptop biasanya langsung di tanam hal ini mampu mengurangi biaya dan sangat lebih simple tentunya serta memiliki konsumsi daya yang dibutuhkan lebih sedikit.

Namun, layaknya seperti RAM, anda juga dapat menambah VGA untuk meningkatkan performa komputer yang lebih tinggi dari VGA yang tertanam pada komputer anda. Karena seringnya komputer memiliki slot lebih.

0 Komentar