Pengertian dan Macam - Macam Software Desain Grafis

Pengertian dan Macam - Macam Software Desain Grafis

Software desain grafis merupakan bentuk komunikasi yang membantu para desainer grafis secara visual. Mereka memanfaatkan suatu gambar sebagai alat media dalam menyampaikan pesan atau informasi didalamya akan dikirimkan secara efektif mungkin

Sedangkan pengertian desain grafis sendiri merupakan suatu kebutuhan seni Lukis yang memiliki sebuah tujuan, seperti menciptakan dan mengatur elemen seni rupa contoh halnya seperti ilustrasi, tulisan dan garis yang di tuangkan di atas sebuah media

Semua ini di tunjukan untuk sebuah proses produksi, dan saling dikomunikasikan dalam bentuk desain.

Pengertian Graphic designer

Graphic designer merupakan orang yang memiliki kemampuan spesialis dalam mengirimkan pesan dalam bentuk gambar. Dengan kata lain, mereka adalah komunikator visual, tugas mereka yaitu menciptakan sebuah konsep visual secara manual atau dapat menggunakan software desain grafis.

Mereka akan mengirimkan sebuah ide gagasan untuk membuat sebuah inspirasi yang kemudian pesan tersebut akan saling di infokan melalui seni visual. Seperti gambar, grafik dan tulisan.

Jenis – Jenis Software Desain Grafis

Kali ini akan membahas mengenai jenis – jenis software desain grafis, yang biasanya digunakan para desainer

1. CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi desain yang tanpa batas dan menjadi idaman para desainer, kemudahan mendesain yang di sajikan aplikasi ini sangatlah memanjakan para desainer, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman tentunya.

Didalam aplikasi CorelDraw kalian memiliki control penuh untuk membuat sebuah desain menjadi lebih dinamis dan cepat tentunya. Jika kalian menggunakan CorelDraw dengan versi X5 ke atas kalian akan di sediakan fitur inbuilt organizer atau Corel CONNECT.

Di dalam CorelDraw sendiri ada beberapa tool seperti, rapel, attract, twirl yang membuat editing vector menjadi sangat mudah sekali. Dan panduan alignment memungkinkan kamu untuk sesuka hati menempatkan posisi objek sesuai kebutuhan.

Software ini dapat bekerja dengan lancar untuk file berukuran sangat besar di Corel Photo-Paint, bisa dibilang ini sebagai software desain grafis yang wajib sekali dimiliki.

Beberapa kelebihan CorelDraw:

  •          Kustomisasi tampilan antarmuka yang bagus
  •          Desain software yang segar
  •         Tersedia video tutorial
  •          Adanya paket langganan atau lisensi software

Kekurangannya CorelDraw:

  •          Belum tersedia untuk Mac
  •         Cukup rumit untuk pemula
  •         Navigasi software tidak mudah
  •         Menu navigasi tidak terlihat

2. Adobe InDesign

Adobe InDesign merupakan keluaran perusahaan Adobe, dan merupakan salah satu software unggulan dalam membuat suatu software layout untuk mobile dan desktop, aplikasi ini sangat ideal untuk membuat brosur, majalah online, majalah digital dan masih banyak lainya.

Aplikasi ini memudahkan kita untuk drag dan drop pada layer dan mengubah ukuran suatu gambar dengan mudah, jadi sangat fleksibel sekali aplikasi ini.

Adobe InDesign juga memiliki fitur untuk layanan seperti Behance dan Typekit untuk kalian mempublikasikan hasil karya digital baik berupa fotografi, video, desain dan pengembangan web, dan masih banyak fitur lainnya.

Kelebihan Adobe InDesign:

  •          Menggabungkan teks dan gambar menjadi mudah
  •         Cukup mudah digunakan oleh pemula
  •          Fitur-fitur beragam dan keren

KekurangannyaAdobe InDesign:

  •          Cukup terbatas untuk kebutuhan desain grafis
  •          Dukungan tools untuk desain kurang
  •         Penyesuaian untuk edit gambar terbatas

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain grafis paling populer di kalangan desainer dan editor saat ini. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk memanipulasi gambar dan membuat gambar lebih bagus tentunya, fungsinya sangat berguna sekali untuk para fotografer.

Adobe Photoshop ini juga sangat sekali bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti kebutuhan desain, edit video, edit grafis dan masih banyak lagi tentunya.

Dengan jumlah penginstal aplikasi adobe Photoshop sangat lah banyak dan banyak sekali tutorial di luaran sana untuk mempelajari aplikasi ini, seperti di youtube dan banyak sekali buku – buku yang membahas tentang cara – cara memakai aplikasi ini.

4. GIMP

GIMP merupakan aplikasi alternatif dari Photoshop, selain gratis software ini juga bersifat open source, yaitu bisa dikembangkan oleh siapapun, jadi enak untuk para desainer yang gratisan.

Software ini dianggap sebagai aplikasi yang memiliki fitur yang lengkap dan cocok sekali untuk para pemula tentunya. Kelebihan software ini adalah memiliki tampilan yang cerah dan modern. Tentunya ini sangat cocok sekali untuk desainer muda yang suka dengan sesuatu yang estetik.

5. Adobe Illustrator

Jika kalian ingin membuat sebuah vector seperti, sketsa, desain ilustrasi atau topografi lebih tepatnya membuat kebutuhan video aplikasi ini sangatlah tepat untuk mengerjakan projek – projek ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, semua pekerjaan desain menjadi sangat cepat dan mudah selesai, software desain ini juga memiliki banyak sekali plugin yang sangat membantu anda membuat landing page dan halaman web.

Kelemahan aplikasi ini yaitu harganya yang sangat mahal, tetapi dibalik kemahalan aplikasi ini ada sejuta manfaat dan bisa di gunakan tanpa memerlukan aplikasi lain.

6. AAA Logo

Jika kalian ingin membuat sebuah logo namun belum bisa menggunakan aplikasi CorelDraw, makan aplikasi ini sangatlah recommended karena anda bisa membuat logo keren tanpa bersusah payah mengedit dan mengumpulkan bahan. Di dalam aplikasi ini sangat banyak sekali contoh – contoh logo yang bisa kalian gunakan tentunya.

Hasil dari aplikasi ini sangatlah memuaskan tentunya, karena kalian bisa mengedit logo dan mendesain logo dari awal tanpa bersusah payah karena sudah di sediakan didalam aplikasi ini.

Fitur yang di tawarkan dalam aplikasi ini sangatlah lengkap, seperti fitur logo, editing, crop dan masih banyak sekali fitur lainnya, kalian juga bisa mengakses aplikasi ini dengan gratis tentunya tanpa di pungut uang sepeserpun dan cocok sekali untuk pemula.

7. CorelDraw Graphics Suite

Mirip dengan CorelDraw aplikasi CorelDraw Graphics Suite ini juga memiliki manfaat yang tak kalah tentunya, dengan versi yang lebih tinggi aplikasi software ini menawarkan fitur – fitur yang sangat menarik.

Jika anda suka mendesain vector seperti desain logo, brosur dan masih banyak lainya, aplikasi ini sangatlah cocok bagi anda, karena aplikasi ini akan memanjakan para editor atau desainer dengan plugin – pluginnya.

8. Krita

Krita merupakan aplikasi desain grafis yang memiliki banyak fungsi dan fitur tentunya, selain itu software aplikasi ini juga sangat cocok sekali bagi kamu yang sedang membuat projek digital painting.

Jika kalian suka membuat sebuah komik, aplikasi ini sangatlah cocok sekali, karena aplikasi ini memiliki fitur seperti layer mask, smooth shape, vanishing poin dan masih banyak fitur lainya yang mendukung anda membuat komik.

9. Affinity Designer

Affinity Designer merupakan software aplikasi yang mungkin cocok bagi and ajika senang mendesain logo ikon, desain UI dan masih banyak lainya.

Didalam aplikasi ini memiliki filter yang lengkap dan sangat memudahkan kamu dalam editing, software ini tidak kalah dengan aplikasi seperti Photoshop dan illustrator, aplikasi ini juga sangat cocok bagi anda yang pemula.

0 Komentar