Pengertian dan Jenis - Jenis Aplikasi Android

Pengertian dan Jenis - Jenis Aplikasi Android

Aplikasi android saat ini mulai berkembang sangat pesat sekali, mulai dari menyediakan berbagai macam fitur seperti rute lokasi, jarak perjalanan, sampai daerah – daerah rawan ada di dalam aplikasi, hal – hal yang manusia kerjakan juga ada dalam aplikasi

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian dan macam – macam aplikasi android menurut para ahli yang patut kita ketahui.

Android di Beli Google

Perlu di ketahui, ternyata sejarahnya google membeli Android pada tahun 2005 dan google meresmikanya pada tahun 2007. Google kala itu merilis android sebagai open source di bawah lisensi Apache.

Pada Bulan Februari tahun 2012, sebanyak 450.000 aplikasi sudah tersedia untuk android dan diperkirakan jumlah pendownload sejak Desember 2011 adalah lebih dari 10 Milyar.

Di perkirakan ada lebih dari 300 juta Android yang di gunakan dan lebih dari 850.000 perangkat yang di aktifkan setiap harinya. Menurut survey dunia Android merupakan salah satu ponsel yang paling banyak di gunakan dengan di perkirakan lebih dari 48% dan lebih dari 400.000 aplikasi yang tersedia di google play store.

Pengertian Aplikasi Android

Pengertian Aplikasi android adalah sebuah rencana mengenai operasi yang saling berhubungan antara perangkat mobile berbasis linux yang mana dalam system android berbasis aplikasi. Semua unsur disitu sangat berkaitan dengan erat tentunya

Aplikasi Android dapat di definisikan secara umum adalah sebuah bagian perencanaan mengenai operasi yang saling berhubungan dengan perangkat mobile yang berbasisLinuxyang dimana dalam operasi android mencakup system operasi, aplikasi, middleware dan masih banyak lagi.

Semua unsur tersebut sangatlah erat dan saling berkaitan satu sama lain dan fungsinya sangat berpengaruh sekali dalam kinerja smartphone pada zaman sekarang.

Pengertian Aplikasi Android Menurut Para Ahli

Inilah pengertian Aplikasi android menurut para ahli, banyak sekali parah ahli yang mengutarakan dan mendefinisikan Arti dari sebuah aplikasi

1. Murtiwiyati dan Glenn Lauren (2013)

Murtiwiyati dan Glenn Lauren (2003) berpendapat bahwa aplikasi menyediakan platform secara transparan dan terbuka kepada penggunanya, perkembangan dari sebuah aplikasi yang mereka inginkan adalah aplikasi bisa dalam bentuk, pendidikan, agama, permainan, dan masih banyak lainnya.

2. Holla and Mahima (2012)

Menurut Holla dan Mahima (2012) adalah sesuatu yang menggunakan bahasa java, hal itu dapat mengontrol dan memonitor semua perangkat melalui google-enabled java. Program ini merupakan platform yang sangat penting dan bisa mengembangkan aplikasi mobile menggunakan perangkat lunak yang sudah di sediakan oleh pihak google yaitu Android SDK

Mobile Android berbasis OS menyediakan lingkungan yang sangat fleksibel untuk pengembangan sebuah aplikasi android yaitu dapat menggunakan Android java dan bisa juga menggunakan normal java IDEs

3. Bhardwaj (2013)

Bhardwaj (2013) mengutarakan pendapatnya mengenai aplikasi yaitu sebuah layanan bisnis yang memiliki banyak kategori dari mulai games dan hiburan. Semua kategori itu memiliki penghasilan tertentu yang di dapatkan dari google AdSense. Aplikasi Android sendiri sudah lebih dari 10 Milyar kali di install oleh pengguna android.

4. Dhanta (2009)

Menurut Dhanta (2009) Aplikasi Android adalah suatu bagian dari sebuah sistem software yang di buat oleh perusahaan komputer dan digunakan khusus untuk mengerjakan tugas – tugas tertentu. Seperti memutar music, video dan masih banyak lainnya.

5. Nazaruddin (2012)

Menurut Nazaruddin (2012) mengutarakan bahwa aplikasi android adalah suatu bagian dari sebuah system operasi yang di gunakan untuk telpon seluler dengan basis Linux yang di manfaatkan oleh semua orang karna keflesibelanya.

Jenis - Jenis Aplikasi Android

Secara umum dapat di lihat bahwa aplikasi yang berada di android itu semuanya berguna untuk mempermudah pengguna dalam segala aktifitas secara khusus. Aplikasi juga memiliki fungsinya masing – masing dan berbeda sesuai dari nama aplikasi yang di instal.

Contoh halnya Aplikasi game yang berguna untuk sarana hiburan dan membuat pengguna merasa senang, Launcher untuk mempercantik tampilan Android anda, program Office untuk membuka dan membuat dokumen serta masih banyak lainnya.

Di playstore sendiri ada banyak sekali macam – macam jenis aplikasi android dan sekarang akan kita bahas, beberapa pengelompokan aplikasi android

1. Tools Application

Tool Application memiliki fungsi yaitu bisa meningkatkan performa dan kinerja smartphone android. Dalam kategori ini memiliki sekitar 2.153 aplikasi dan masing- masing sudah di download lebih dari 50 ribu kali oleh pengguna Android. Beberapa contoh dari tools application antara lain 360 Security, Greenify, Clean master dan masih banyak aplikasi lainya di playstore

2. Social Application

Social application merupakan sebuah pengelompokan aplikasi yang membuat satu pengguna berhubungan dengan pengguna lain di seluruh dunia hanya dengan menggunakan smartphone saja. Beberapa contoh dari Social application antara lain Facebook, Instagram, Tik Tok, Pintrest, dan masih banyak lainya.

3. Communication Application

Communication application merupakan sebuah jenis aplikasi yang mempunyai fungsi agar bisa berinteraksi dengan pengguna lain melalui obrolan chat maupun suara. Jenis aplikasi ini memungkinkan pengguna mengirimkan gambar, file baik video ataupun music dan masih banyak lagi.

Tak heran jika jenis Aplikasi Android ini menjadi aplikasi paling banyak di gunakan dan paling banyak di download di playstore dan ini beberapa aplikasi yang paling popular antara lain LINE, WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, Mechat dan masih banyak lagi

4. Photography Application

Photography application adalah sebuah jenis aplikasi yang bisa dipakai untuk kebutuhan pengambilan gambar. Aplikasi ini akan memanfaatkan kamera yang ada pada smartphone sehingga bisa memotret atau merekam gambar. Beberapa jenis aplikasi photografi paling popular ini diantaranya adalah Magisto, Adobe Photoshop, MomentCam, PicsArt, B612, dan masih banyak lagi.

5. Education Application

Education Application dengan kategori ini dapat membantu edukasi para siswa, anak-anak dan juga umum seperti contohnya Game Edukasi Anak, Cerdas Matematika, Anak Cerdas, Belajar Bahasa Gratis, Duolingo dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat rekomendasi untuk orang tua agar anaknya dapat bermain serta belajar

6. News and Magazines Application

News and magazines application adalah aplikasi majalah dan berita yang dapat dibaca lewat android langsung. Berita akan update setiap hari dan bisa Anda baca dengan gratis tentunya. Banyak sekali aplikasi – aplikasi berita yang tersedia di playstore.Inilah beberapa contoh aplikasi android penyedia berita diantaranya ada Babe, Kompas, dan lain – lain.

7. Entertainment Application

Entertainment Application merupakan aplikasi yang bersifat hiburan untuk para pengguna smartphone dengan berbagai macam pilihan berupa tayangan televisi, Games, Musik sampai menonton langsung sebuah acara atau kita sering sebut dengan Live. Banyak sekali orang – orang disana yang menggunakan aplikasi dalam jenis ini untuk mencari uang. 

0 Komentar